Mengenal Wirausaha dalam Tataran Ilmu

Wirausaha adalah orang yang kreatif dan berani berusaha dalam menghasilkan produk baru, mengelola perusahaan, dan memasarkan produknya dengan tujuan memperoleh keuntungan dan membawa manfaat bagi masyarakat.

2. Peran Wirausaha
Peran wirausaha dalam perekonomian nasional antara lain menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menggerakkan kegiatan ekonomi, dan mendorong inovasi produk baru.

3. Sikap dan Jiwa Wirausaha

a. Sumber Ide Usaha
Sumber ide untuk memulai usaha dapat muncul dari pekerjaan/keterampilan, hobi, pengamatan, dan pengalaman.

b. Inovasi
Inovasi dapat dilakukan wirausaha dengan cara antara lain membuat barang atau jasa yang masih baru, membuat barang atau jasa tiruan yang baru, memodifikasi barang yang sudah ada, membuat barang atau jasa yang jenisnya sama dengan model berbeda, membuat barang atau jasa yang disesuaikan dengan selera konsumen, menemukan pasar baru, dan menggunakan teknologi baru.

c. Perencanaan Usaha
Perencanaan usaha dimulai dari persiapan pribadi, permodalan, organisasi dan manajemen, peluang usaha, hukum dan
perizinan pendirian usaha, serta lingkungan.

d. Menjalankan Usaha
Suatu rencana kerja yang bagus akan sia-sia jika tidak direalisasikan. Oleh karena itu, menjalankan usaha (secara riil) itu sangat penting dalam rangka mencapai cita-cita dan memperoleh keuntungan.

4. Ciri-Ciri Wirausaha
Ciri-ciri wirausaha antara lain percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil risiko, berorientasi pada masa depan, menjalin kerja sama dalam lingkungan usaha, serta mengembangkan ide kreatif dan inovatif.

5. Tahapan yang Dilalui Wirausaha
Langkah-langkah yang dilakukan wirausaha dalam berekonomi antara lain menciptakan produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun proses operasi, mengatur permodalan, dan memasarkan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*