Menghilangkan 8 Ketakutan Memulai Bisnis

Judul Buku:

Kiat Banting Setir dari Karyawan menjadi Pebisnis: Menghilangkan 8 Ketakutan Memulai Bisnis

Penulis:

Jim Mintarja

Penerbit: Elex Media Komputindo

Cetakan: I/ 2010

Tebal: 219 Halaman

Ketakutan wajar dimiliki oleh manusia. Salah satu ketakutan besar manusia adalah berubah menjadi “Tidak nyaman”. Itulah yang ditelisik secara gamblang oleh penulis buku ini, tentu saja beserta strategi dan kiat menghadapinya. Memang benar, jika sebuah buku ditulis oleh mereka yang berpengalaman dengan apa yang ditulis, maka hasilnya akan lebih touching. Dan buku yang berisi pemaparan pengalaman dari seorang mantan karyawan yang sudah lebih dari 20 tahun menjadi bagian dari system  “zona nyaman” bernama gajian.

Buku ini juga memaparkan dengan cukup dalam alasan penulis memilih keluar dari kenyamanannya dan beralih menjadi seorang wirausahawan, beserta 8 jenis ketakutan yang sering menghinggapi karyawan yang ingin mengubah arah hidup menjadi pebisnis. Ketakutan tersebut antara lain : takut gagal, takutan akan menyengsarakan orang-orang yang dicintai, takut tidak memiliki pengalaman, takut ditipu, takut kehilangan modal dan lain-lain.

Hebatnya, buku ini tidak hanya berisi cerita atau pengalaman penulis saja, tetapi juga berisi langkah-langkah (how to) dalam bentuk kuesioner sederhana bagi pembacanya, agar dapat mengetahui progress dan pendalaman pembaca terhadap strategi melawan pelbagai ketakutan tersebut. Disampaikan dalam bahasa yang hangat dan steady_tidak seperti laiknya buku-buku motivasi yang meledak-ledak dan cenderung membakar pembaca , justru buku ini menunjukkan bahwa penulisnya cukup berhati-hati dalam memberikan motivasi pada para pembacanya. Kiranya penulis memahami suasana psikologis  target pembacanya, yaitu para karyawan yang ingin mengambil keputusan besar itu. Adanya kutipan kata bijak dan summary dari tiap topic, cukup memudahkan pembaca untuk segera dapat memetik maksud penulis, serta agar pembaca bisa segera take action tanpa harus menunggu seluruh tulisan dibaca.

Akhirnya buku karya Jim Mintarja ini sangat layak dibaca oleh mereka yang segera ingin merubah arah hidupnya menjadi pebisnis dengan strategi yang tepat. Menjadi seorang dengan kebebasan financial dan waktu. Action! Action! Dan Action!

0 thoughts on “Menghilangkan 8 Ketakutan Memulai Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*